KECURIGAAN PARA BURUH TERHADAP APINDO

2 Feb

MEDINAS – Buruh kabupaten Bekasi menilai Apindo telah mengingkari surat perjanjian pencabutan gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Hal ini yang menyebabkan Buruh bergerak mengadukan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) kepada tiga lembaga hukum sekaligus, yakni ke Mahkamah Agung (MA), Komisi Yudisial (KY), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gambar

Demo Buruh Kabupaten Bekasi

Aduan itu akan dilakukan karena dinilai proses persidangan di PTUN Bandung berbau KKN dan  hal itu yang kemudian  membuat  para buruh sempat memblokir jalan tol pekan lalu. Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi, Saipul Anwar mengatakan,  penentuan UMK Kabupaten Bekasi dilakukan pada 19 November 2011. Saat itu, rapat dihadiri sekitar 28 penentu hasil akhir UMK termasuk Apindo. Rapat dimulai pukul 19.45, namun pukul 02.55 tanggal 16 November dini hari Apindo walk out.

Saipul menambahkan, meski Apindo WO, artinya rapat sah karena sedah berlangsung sejak pukul 19.45 WIB-hingga pukul 02.55 WIB. Lalu pukul 3 terjadi voting. “Jadi di mana persoalannya?” katanya.

Lalu pada 15 Januari ada kesepakatan antara buruh dan Apindo bahwa gugatan harus dicabut. Hal ini sudah disampaikan kepada majelis hakim. Namun pencabutan gugatan malah diingkari apindo.  Padahal surat pencabutan itu tertulis dilengkapi  materai dan ditandatangani Ketua dan Sekretaris Apindo Bekasi dan Ketua Buruh Bergerak.

“Apindo sudah keduakalinya mengingkari perjanjian yang mereka buat. Ada strategi di balik Apindo. Ada indikasi-indikasi, saya harap KPK bisa memantau proses peradilan ini,” papar Saipul. (yusuf/iqbal biro kab.Bekasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: